Tiga Langkah Untuk Mengecek Imei Handphone Xiaomi

cek imei xiaomi

Ada tiga alternatif cara untuk mengecek nomor IMEI Hp Xiaomi kamu. Namun sebelum membahas lebih jauh, apakah yang disebut nomor IMEI tersebut? IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI ini berfungsi menjadi identitas tiap benda elektronik. IMEI bersifat unik sehingga tidak mungkin ada dua produk yang memiliki nomor IMEI sama, walupun sama serinya. Masing msing barang elektronik IMEI-nya akan berbeda satu sama lain.

Selain itu, IMEI bisa difungsikansebagai kode untuk mengecek informasi produk yang kamu beli seperti model, tahun pembuatan, spesifikasi, dan masih banyak lagi. lalu, nomor IMEI juga biasa digunakan untuk memeriksa keaslian sebuah produk. Nomor IMEI dari produk  asli pasti akan terlacak oleh produsen atau brand handphone yang kamu beli. Perusahaan ponsel, seperti Xiaomi, punya sebuah layanan khusus untuk memfasilitasi pembeli prosuknya dalam mengecek keaslian produk melalui IMEI.

Bagaimana caranya mengecek nomor IMEI di Hp Xiaomi? Bagaimana pula cara mengecek keaslian produk Xiaomi dengan nomor IMEI? Caranya cukup mudah, silakan perhatikan cara cek IMEI Xiaomi berikut :

  1. Cek Nomor IMEI dari Menu Setting

Kamu bisa mengecek nomor IMEI dengan mengakses menu Setting atau Pengaturan yang akan selalu ada di setiap jenis handphone. Lalu, langkah berikutnya adalah dengan masuk ke menu Setting, lalu klik ‘About ‘, dan pilih menu Status. Setelah itu kamu bisa lihat nomor IMEI dari Handphonemu. Cocokan nomor IMEI dengan yang kamu lihat di menu USSD dan dus.

  1. Melalui kode USSD *#06#

Handphone berbasis Android seperti Xiaomi ini memiliki sebuah kode  untuk cek IMEI Xiaomi melalui kode USSD. USSD adalah kode kombinasi bintang (*), angka, dan pagar(#) yang bisa kamu akses atau ketik dari menu panggilan telepon. Jika kamu sudah menyalakan Hanphone Xiaomi-mu, ketik kode *#06# melalui panggilan telepon lalu klik Call atau OK. Alhasil nomor IMEI Handphone-mu akan terpampang di layar handphone. Cocokan nomor IMEI pada layar dengan nomor IMEI di dus handphone untuk mengecek keaslian produknya.

  1. Cek Dus Produk & Perangkat

Produsen-produsen handphone biasanya akan menuliskan kode IMEI produk di dus handphone. Kamu bisa memeriksa kode IMEI pada stiker barcode maupun keterangan spesifikasi di dus produk. Tapi jika kamu tidak bisa menemukannya, biasanya nomor IMEI juga ditempelkan di badan produk. Sebelum membeli Handphonep Xiaomi kamu bisa mengecek dan mencocokan nomor IMEI di dus dan produk, jika keduanya sama maka bisa dipastikan barang yang kamu beli itu adalah barang asli.

Tanpa perlu install aplikasi, kamu dapat memeriksa apakah Handphone Xiaomi kamu itu asli atau palsu melalui kode IMEI. Caranya cukup mudah, silakan Kunjungi website http://www.mi.com/verify/#imei_en dan masukan nomor IMEI pada kolom yang telah tersedia. Setelah kode IMEI telah dimasukkan, jangan lupa mengkonfirmasi kode keamanan. Bila Handphone Xiaomi kamu asli, maka kamu akan ditunjukan keterangan model smartphone yang sama dengan kamu miliki. Jika palsu, maka tidak akan muncul apa-apa serta akan muncul pesan error.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Yang terpenting selain semua tips di atas adalah, kamu perlu hati-hati dan teliti saat ingin membeli produk elektronik ataupun produk-produk lainnya. Belilah produk dari toko yang terpercaya, tanya keluarga atau kerabat dekatmu tentang pengalamannya membeli handphone, atau cari tau sendiri melalui internet. Semoga bermanfaat, ya!