Apa Itu Endometriosis yang Mengintai Wanita?

Haid Tidak Lancar? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Kesehatan yang tidak dijaga dengan baik bisa menyebabkan penyakit lebih mudah menginfeksi dan membuat kondisi tubuh menurun. Pada wanita, salah satu penyakit yang ditakuti adalah yang menyerang sistem reproduksi seperti endometriosis. Penyakit yang menjadi salah satu penyebab perut kram pada wanita ini merupakan penyakit yang menyerang sistem reproduksi wanita tepatnya jaringan yang ada di lapisan dalam dinding rahim (endometrium) tumbuh di bagian luar rongga rahim.

Apabila seorang wanita mengidap penyakit ini, aka jaringan endometrium mengalami proses penebalan dan luruh seperti saat menstruasi. Akan tetapi, darahnya akan mengendap dan tidak bisa keluar disebabkan karena berada di luar rahim dan endapan tersebut bisa menyebabkan iritasi jaringan yang ada di sekitarnya. Lama kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi akan terbentuk.

Hingga saat ini, penyebab utama penyakit endometriosis belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, terdapat pendapat yang mengemukakan jika endometriosis terjadi karena dinding rahim yang luruh ketika terjadi haid, gagal untuk dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga hal tersebut menyebabkan endometriosis melekat di bagian organ yang ada di panggul. Endometriosis memiliki gejala seperti berikut:

  • Sakit luar biasa ketiak menstruasi terjadi.
  • Sakit ketika buang air besar, air kecil ataupun saat berhubungan badan.
  • Pendarahan yang terjadi di urin atau tinja bahkan terjadi pendarahan saat menstruasi.

Penyakit yang juga menjadi salah satu faktor haid tidak lancar ini umumnya terjadi pada wanita yang menjalani histerektomi atau pengangkatan rahim. Namun, disebutkan jika salah satu faktor resiko yang menjadi pemicu timbulnya endometriosis adalah hormon estrogen. Semakin tinggi seseorang memiliki hormon esterogen maka tingkat prosentase mengalami penyakit ini juga akan semakin tinggi. Karena hal tersebut tidak heran jika endometriosis menyerang wanita yang masih di usia produktif. Selain karena hormon estrogen, beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan penyakit ensometriosis adalah:

  • Sistem kekebalan tubuh.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Faktor paparan lingkungan, sehat atau tidak.
  • Faktor adaptasi sel sesuai dengan lingkungan organnya.