4 Keunggulan Alumni Pesantren

Seiring berjalannya waktu, kini Pesantren mampu bersaing dengan sekolah sekolah Negri atau Swasta. Terbukti dengan banyaknya remaja remaja yang mulai tertarik untuk bersekolah ke pesantren pesantren yang berada di tempat tinggalnya. Bahkan tak sedikit juga siswa yang rela jauh dan merantau, hanya untuk bisa bersekolah di pesantren ternama, sebut saja seperti pesantren Rancabango (Garut), pesantren Gontor (Jatim), dan masih banyak lagi. Tanpa banyak basa basi lagi, disini akan saya sampaikan 4 keunggulan alumni alumni pesantren.

Baca Juga : Peluang Usaha Kemeja Pria

  1. Menjadi Mandiri

Hal ini disebabkan para Ustadz-ustadzah di pesantren, yang selalu menerapkan sikap displin dan mandiri kepada para santri dan santriwati. Sikap yang mandiri ini akan lebih menonjol kepada santri dan santriwati perantauan.

  1. Menjadi Pribadi Yang Bertanggung Jawab

Sistem cara mengajar pesantren juga, selalu menumbuhkan rasa tanggung jawab yang penuh pada anak di usia dini. Seperti para ustadz-ustadzah yang selalu menerapkan sanksi bagi para santri-santriwati bila tak mengerjakan sesuatu atau melanggar peraturan yang diterapkan pesantren. Lambat laun para santri-santriwati pun akan terbiasa dengan rasa tanggung jawab.

  1. Mudah Beradaptasi

Ini dikarenakan percampuran santri-santriwati lokal dengan perantau. Seperti orang Sunda, Sumatera, Jawa, Nusa tenggara, Papua, dan masih banyak lagi. Tentu saja santri-santriwati ini memilki adat dan budaya daerahnya masing masing, kemudian mereka saling melebur di sebuah pesantren.

Artikel Populer : Hal Penting Ketika Membuat Sebuah Bisnis

4. Memilki Ilmu Pengetahuan Yang seimbang

Mungkin biasanya sekolah sekolah Negri-Swasta selalu menggenjot para muridnya dengan ilmu ilmu yang bersifat duniawi. Lain halnya dengan pesantren yang secara merata memberikan ilmu  Agama islam dan ilmu yang yang bersifat duniawi.