Cara Melakukan Perhitungan Usia Kehamilan

Setiap wanita yang sudah menikah umumnya akan memikirkan untuk memiliki keturunan sebagai penerus dari generasi keluarga. Akan tetapi tidak semua wanita memiliki pengalaman dalam menghitung usia kehamilan. Nah jika kamu termasuk dalam kondisi wanita tersebut sudah saatnya kamu belajar untuk memahami cara menghitung kehamilan. Sehingga ketika suatu saat ketika kamu mengalami terlambat datang bulan bisa dipastikan sedang hamil atau memang siklus datang bulannya mengalami kemunduran.

Secara umum pada wanita yang mengalami siklus datang bulan normal ketika ia mengalami datang bulan antara 3-7hari maka 3-5hari kemudian sudah masa subur. Artinya pada masa tersebut wanita ini dapat dibuahi. Ketika pembuahan berhasil terjadi umumnya wanita tersebut berhasil dinyatakan hamil adalah ketika masa siklusnya seharusnya datang bulan namun ternyata tidak datang bulan, Artinya kamu sedang hamil. Sebagai contoh siklus datang bulan kamu biasa tanggal 1 setiap bulan, maka kamu akan datang bulan kembali ditanggal yang sama atau sedikit beda satu atau dua haru maju atau mundur. Kemudian bila kamu ternyata tidak mengalami datang bulan pada tanggal tersebut dan bahkan sampai dua minggu kedepan tidak mengalami datang bulan. Artinya kamu benar-benar positif sedang hamil dan merupakan kabar baik untuk rumah tangga kamu.

Nah dari cara menghitung tersebut jelas kamu dapat menerapkannya pada rumah tangga kamu jika nanti kamu sudah menikah. Ataupun jika kamu sudah menikah tetap dapat menerapkannya ketika sudah terdapat tanda terlambatnya siklus datang bulan yang kamu alami. Kemudian ketika kehamilan kamu sudah berlangsung lama bisa kamu hitung sejak terakhir kali kamu datang bulan. Misalnya jika siklusnya setiap tanggal 1, namun tidak datang bulang maka hari tersebut bisa dihitung sebagai hari pertama usia kehamilan kamu. Hitunglah mulai dari terlambat 2 minggu. Setelah itu kamu bisa lanjutkan menghitung terlambatnya usia kehamilan setiap minggunya hingga mencapai usia kehamilan 36 minggu. Ketika sudah mencapai usia kehamilan tersebut kamu tinggal menunggu masa kelahiran anak yang  sudah lama Anda nantikan, dengan ditandai adanya kontraksi.

Dari uraian tersebut kamu dapat terapkan pada kondisi siklus kewanitaan kamu setiap bulan. Jika mengalami keterlambatan maka menunjukkan adanya tanda kehamilan yang dapat kamu hitung dengan menggunakan cara yang diuraikan tersebut. Jika kamu ingin menggunakan alat tes kehamilan sekalipun bisa dilakukan namun akan sulit memastikan sudah berapa lama kamu mengalami kehamilan.