Mouse Gaming yang Dibekali Tombol ala Gamepad

Mouse gaming yang dibuat spesial untuk game dengan genre Massively Multiplayer Online (MMO) atau Massively Multiplayer Online-Role Playing Game (MMORPG), yakni Logitech G600 dan Corsair Vengeance M95. Kali ini kita akan berkenalan dengan satu lagi mouse gaming MMO, yakni TteSports Volos MMORPG. Terdapat beberapa fitur seperti sensor 8200 DPI, 4 MB onboard memory dan 16,8 juta warna LED lighting.

Dilihat dari desain bodinya, mouse ini ditujukan bagi gamer bertangan kanan. Permukaan mouse memiliki beberapa jenis, yakni lapisan matte di permukaan atas dari depan ke belakang dan setengah sisi depan kiri dan kanan, dan lapisan karet dengan tekstur heksagon di setengah sisi belakang kiri dan kanan.

Bagian atas mouse memiliki 5 tombol. Untuk tombol klik kiri disertai dengan sebuah indikator LED berbentuk lingkaran. Indikator tersebut akan menampiikan cahaya yang sama seperti logo naga yang ada di punggung mouse. Warnanya pun dapat diubah sesuai keinginan melalui aplikasi bawaan. Bahkan menariknya Anda juga dapat menentukan warna LED yang muncul di scroll wheel. Scroll wheel sendiri juga memiliki lapisan karet yang mampu menahan grip jari telunjuk yang biasa menggapainya. Di belakangnya terdapat sepasang tombol DPI

switch. Untuk area depan tempat scroll wheel, klik kiri dan klik kanan, permukaannya cekung ke dalam, membuat area tersendiri setidaknya untuk 2 ujung ruas jari telunjuk dan jari ten-gah agar dapat bersandar dengan nyaman.

Lanjut ke sisi kiri, terdapat 7 tombol. Yang paling menarik perhatian adalah 4 tombol di bagian depan dengan kombinasi tema warna ala gamepad Xbox 360 (biru, kuning, hijau dan merah) dan simbol ala gamepad PlayStation (silang, kotak, segiti-ga dan lingkaran). Di belakangnya terdapat tombol dengan label A dan B berlapis karet. Di antara kedua jenis tersebut, sedikit ke atas terdapat sebuah tombol tambahan yang bentuknya kurus dengan indikator LED di tengahnya.

Sisi kanan memiliki 3 tombol tambahan.

Untuk sisi kanan, terdapat 3 tombol dengan label C, D dan E dengan lapisan karet seperti tombol di sisi kiri belakang. Dengan penempatan yang berada di sisi kanan depan, ketiga tombol ini secara letak jari yang terdekat tentunya ditujukan bagi jari manis. Hanya saja memang Anda akan merasa kurang nyaman untuk mengaksesnya. Sangat jarang produsen mouse gaming meletakkan tombol tambahan yang dapat diakses oleh jari manis. Hal ini dikarenakan jari ini (beserta jari kelingking) ser-ingnya hanya diam saja di sisi bodi mouse. Justru tombol tambahan lebih cocok untuk diakses oleh ibu jari karena secara kecepatan dan tingkat responsif, ibu jari tentunya lebih tinggi dibandingkan jari manis atau kelingking. Jadi bisa dibilang tombol C,D dan E ini tak akan sering Anda gunakan.

Mouse ini memiliki kabel dengan desain braided yang

dibekali dengan sebuah velcro strap yang menempel pada kabel. Lalu uniknya untuk port USB yang ada memiliki penutup berba- -han karet. Untuk bagian bawah mouse, terdapat kompartemen untuk menyimpan 5 buah pemberat berbobot 4,5 gram, sehing-ga membawa bobot tambahan total 22,5 gram. Bagi sebagia* orang mungkin jika semua pemberat dipasang akan terasa keberatan, solusinya cukup lepas beberapa sesuai keperluan. ‘

Aplikasi Bawaan & Performa

Kesemua tombol yang ada di bodi mouse fungsinya dapat diganti sesukanya melalui aplikasi pengaturan mouse. Tampilannya memang tidak “mewah”, tetapi justru memu-dahkan Anda untuk mengakses tiap fitur yang tersedia. Maksimal 10 profile dapat disimpan pada mouse, dengan tiap profile dapat diubah namanya, memiliki macro sendiri, pengatu-. ran performa, pengaturan lighting dan pilihan Battle atau Normal mode. Battle mode akan mengubah reaksi LED lighting tergantung dari frekuensi klik yang ditekan.

Tersedia 5 preset DPI dengan masing-masing dapat diatur dengan rentang antara 100 hingga 8200 DPI. Untuk polling range memiliki rentang 125 hingga 1000 MHz. Bahkan lift-off dapat juga diatur. Kemudian untuk LED lighting, warnanya dapat diatur melalui color chart dengan mudah. Tentunya fitur macro tak dapat ditinggalkan dan dapat juga diatur melalui jShgaturan yang ada.

Saat digunakan untuk bermain game League of Legends, mouse terasa responsif. Ternyata dalam prakteknya keempat tombol warna yang ada di sisi kiri depan mouse tak terlalu mudah dijangkau jifcamenggunakan style palm, sehingga lebih cocok untuk style claw, kecuali jika Anda memiliki jari yang pan-jang. Grip yang ada tiap sisi mouse juga memudahkan Anda jika sering bermain dengan teknik lift-off. Sedangkan untuk tiga tombol di sisi kanan memang memerlukan adaptasi untuk men-gaksesnya dengan cepat. Setidaknya Anda dapat menggunakan-nya untuk mengakses spell yang jarang digunakan, atau aktifitas lain yang tak perlu intens.